Ziarah di Makam Bung Karno, Wujud Kerukunan Beragama di Indonesia - Suara Marhaen
Headlines News :
Home » , » Ziarah di Makam Bung Karno, Wujud Kerukunan Beragama di Indonesia

Ziarah di Makam Bung Karno, Wujud Kerukunan Beragama di Indonesia

Written By Unknown on Thursday, June 6, 2013 | 3:18 AM

suaramarhaen.com. Blitar. Makam Presiden Republik Indonesia pertama yang terletak di Jalan Ir. Soekarno memang sering dikunjungi masyarakat yang hendak berziarah. Namun jumlah masyarakat tampak meningkat di bulan Juni. Seperti yang terlihat pada hari ini (2/6), masyarakat hingga membuat rombongan hanya untuk sekedar berziarah di makam Proklamator Indonesia ini. Bung Karno meninggal pada tgl 21 Juni 1970 di Jakarta. Menurut penuturan pak Suwanto Juru Kunci Makam Bung Karno sebelumnya areal makam bung karno ini merupakan areal pemakaman umum biasa. 

Namun tidak lama sebelum bung karno meninggal, beberapa makan yg terletak di sekitar makam ibu bung karno dipindahkan. Awalnya bung Karno ingin dimakamkan di Jakarta atau di Bogor, namun pemerintah orde baru pada saat itu menolak dan memutuskan untuk memakamkan sukarno di sebelah makam ibunya. Sedangkan untuk makam ayahanda bung karno merupakan makam pindahan pada tahun 1978 yang sebelumnya telah dimakamkan di Jakarta.

Areal makam Bung Karno mulai di benahi pada 21 Junii 1978 dan di resmikan pada 21 Juni 1979. Telah dilakukan beberapa kali pemugaran pada areal makam bung karno diantaranya pada juni 2001 dan terakhir oktober 2005.

Doa dari berbagai agama berkumandang di makam bung karno,tepat di nisanya. Islam, Kristen, hindu dan lainnya, peziarah berdoa dengan cara mereka masing-masing tanpa mengganggu peziarah lainnya. "Masyarakat yang berziarah seolah melambangkan Indonesia. Berasal dari hampir seluruh pelosok Indonesia dengan cara berdoa yang tentu sangat berbeda. Namun itu tidak pernah mengganggu peziarah lainnya" pengalaman menarik menurut Pak Suwanto yang beliau alami di makam bung karno. (nna)
 

Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Suara Marhaen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger