HattaRajasa: KontribusiMiddle Class PentinguntukMembangun Indonesia - Suara Marhaen
Headlines News :
Home » , » HattaRajasa: KontribusiMiddle Class PentinguntukMembangun Indonesia

HattaRajasa: KontribusiMiddle Class PentinguntukMembangun Indonesia

Written By Unknown on Friday, April 19, 2013 | 7:24 AM

Foto : media.viva.com (ilustrasi)

suaramarhaen.com, Denpasar Jumat (19/4) pagi Majalah Prisma bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Udayana menyelenggarakan Seminar Nasional dengan topik “Kelas Menengah, Bisnis dan Politik”. Seminar yang  mendatangkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomia RI, Hatta Rajasa berlangsung di ruang Teater Fakultas Kedokteran Unud .
Dalam acara tersebut, Rajasa menyoroti eksistensi kelas menengah (middle class)sebagai motor perubahan di Indonesia.Ia sangat menyayangkan sebagian besar kelas menengah  Indonesia yang cenderung manja dan konsumtif. Bertalian dengan itu, perlu ditumbuhkan kesadaran dan kontribusi kelas menengah menghadapi ASEAN Economic Community 2015.
“Kelas menengah harus memiliki kesadaran dan menjadi penggerak menyongsong ASEAN Economic Community 2015,” kata Rajasa.
Untuk itu, tambah Rajasa, ekonomi domestic harus kuat dan terintegrasi untuk selanjutnya terkoneksi secara global terutama dengan meningkatkan daya saing.Salah satu upaya dalam mengintegrasikan ekonomi domestic itu menurutnya adalah  dengan konsolidasi kelas menengah terutama untuk meningkatkan pendapatannya.
“Selainitu,kontribusi kelas menengah terhadap masyarakat sangat dibutuhkan. Salah satu pilihannya adalah mengembangkan ekonomi kreatif dengan menjadi seorang wirausahawan,”pungkasnya.
Seminar yang sempat molor sekitar satu jam itu juga mendatangkan Dr. Daniel Dhakidae (Pemimpin Redaksi Majalah Prisma), Prof. Dr. I.K Gde Bendesa, M.A.D.E (Akademisi Fakultas Ekonomi Unud), dan moderator  A. Tony Prasetiantono, Ph.D, M.A (Akademisi Universitas Gajah Mada).Sementara itu, Emirsyah Satar, SE (Direktur Utama PT. Garuda Indonesia Tbk) yang dijadwalkan hadir tidak bias dating karena ada acara lain yang tidak dapat ditinggalkan. (WidyarthaSuryawan)

Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Suara Marhaen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger