Pelayanan Bus Sarbagita Belum Maksimal - Suara Marhaen
Headlines News :
Home » , » Pelayanan Bus Sarbagita Belum Maksimal

Pelayanan Bus Sarbagita Belum Maksimal

Written By sabda sunari on Thursday, June 13, 2013 | 10:23 AM

Suaramarhaen.com, Denpasar. Menunggu lebih dari 1 jam, Bus tak kunjung datang
Foto Ilustrasi : Bali-bisnis.com

Bus Trans Sarbagita saat ini menjadi transportasi publik alternatif bagi masyarakat Denpasar dan sekitarnya.

Sejak diberlakukannya Trayek Trans Sarbagita pada 
Agustus 2011 hingga saat ini telah banyak upgrade yang telah dilakukan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Bali.

Dimulai dari pembangunan halte di beberapa titik, penambahan bus, hingga penambahan trayek/jalur.
Adanya Bus Trans Sarbagita diharapkan dapat menjadi alternatif transportasi untuk mengurangi kemacetan khususnya di Bali Selatan.

Siang ini (13/6) halte bus depan kampus UNUD Sudirman dipadati mahasiswa, dosen, pegawai, dan beberapa masyarakat yang menuju Bukit Jimbaran. Menyengatnya matahari dan penuhnya kursi tunggu tidak menyurutkan semangat penumpang Trans Sarbagita.


Berdiri di pinggiran halte sudah menjadi pemandangan tiap hari di halte jalur koridor 1 ini.
Lebih dari sepuluh orang menunggu bus biru itu untuk di tumpangi, tapi kendaraan bantuan Mentri Perhubungan itu tak kunjung datang. Malah yang lewat kebanyakan mobil pribadi. Beberapa calon penumpang sudah mulai tampak tidak tidak sabar dan beberpa memilih untuk pergi.

"Aduh sudah hampir sejam saya nunggu ini. Dari jam 11 belum juga ada bus lewat." Ujar Dharma mahasiswi Pertanian Unud. Mulai terdengar perbincangan beberapa orang tentang kedatangan yang lama dari Primadona baru ini."Mungkin karena macet, tadi saya lihat ada upacara adat di dekat lapangan puputan." Tidak ketinggalan Luh Suarmini yang baru habis berjualan memberi info. "Mungkin saja istirahat makan siang, atau macet di dekat pasar kreneng itu." Lanjut salah satu mahasiswi kedokteran Unud.

"Biasanya kan ada petugas dari Dinas Perhubungan. Sekarang kok tidak ada? Jadwal juga tidak terpasang disini. Biasanya berapa lama sih jarak bus datang?" Tidak ketinggalan Pak Sujana, Dekan Fakultas Pertanian Saraswati yang pertama kali akan naik Bus Sarbagita berkomentar.

Berjalan hampir 2 tahun ternyata belum dapat membuat Trayek Trans Sarbagita datang tepat waktu. Seharusnya pihak pengelola sudah mempersiapkan secara matang jadwal kedatangan tiap bus dan mengantisipasi macet yang kiranya dapat menghambat kedatangan bus.

"Ya, kita harap Proyek Sarbagita ini konsistenlah. Kalau seperti ini, tetap saja masyarakat akan memilih kendaraan pribadi daripada kendaraan umum. Tetap saja macet di Bali Selatan tidak bisa dihindari." Ujar salah seorang mahasiswi pertanian yang juga sedang menunggu.(Nna)

Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Suara Marhaen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger