Sukrawan Ikut Aktivis Kampanye Perangi Sampah Plastik - Suara Marhaen
Headlines News :
Home » , » Sukrawan Ikut Aktivis Kampanye Perangi Sampah Plastik

Sukrawan Ikut Aktivis Kampanye Perangi Sampah Plastik

Written By Unknown on Friday, April 26, 2013 | 8:51 AM

suaramarhaen.com, Denpasar. Kandidat Wakil Gubernur Bali yang diusung PDIP, Dewa Nyoman Sukrawan sore tadi menyempatkan diri berolahraga di Lapangan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandhi, Renon, Denpasar.

Selain berolahraga, Sukrawan juga menyempatkan diri bercengkrama dengan warga Kota Denpasar yang sedang menikmati suasana sore. Sukrawan sempat menikmati kopi buatan pedagang di sekitar lapangan. Ia juga berbincang banyak hal dengan warga. Pada kesempatan itu, Sukrawan menyempatkan diri berbincang dengan aktivis lingkungan Youth Corner Bali yang bekerjasama dengan Greenernation sedang menyosialisasikan perang melawan sampah plastik.

Sukrawan menyempatkan diri menggambar di tas kain yang akan ditukarkan kepada warga yang menukarkan dua kantung sampah plastik. Tentu saja hal itu menarik perhatian warga. Semangat para aktivis dari berbagai kampus itu pun terpacu dengan kehadiran Sukrawan.

Raka Oka Diraka, Koordinator Even Youth Corner Bali menuturkan, acara itu digelar dalam rangka kampanye memerangi sampah plastik. "Kami mengumpulkan kantung plastik. Dua kantung plastik ditukar kantong kain. Kami berkampanye dengan cara memakai kantung kain ini di kepala. Tujuannya agar masyarakat mematrikan penggunaan kantung kain," tutur Oka, Jumat 26 April 2013.

Kegiatan itu, sambung Oka, digelar safari keliling Nusantara. "Acara ini sudah digelar di Bandung, Solo dan Jakarta. Sekarang kami menggelar di Bali. Semoga masyarakat antusias," imbuhnya.

Menurut Oka, kehadiran Sukrawan sangat membantu kelompoknya membumikan penggunaan kantung kain. "Terima kasih kepada Pak Surawan yang sudah mau datang dan ikut mensupport kami. Tadi beliau ikut menggambar kantung kain yang akan kami tukar dengan kantung plastik dari warga," ucap Oka.

Oka mengaku organisasinya akan menggelar acara serupa di lokasi sama pada Minggu 28 April 2013. "Saya berharap Pak Sukrawan datang nanti hari Minggu. Kami gelar jam 06.30 WITA," jelas dia, yang langsung diiyakan Sukrawan.

Sementara itu Sukrawan mengatakan, awalnya ia hanya kebetulan berada di Lapangan Renon. "Saya kebetulan ada di Denpasar. Mumpung ada waktu luang, turun ke masyarakat dan ikut olah raga," kata kandidat nomor urut 1 ini. Dari hasil perbincangan dengan masyarakat, Sukrawan mendapati kesan jika kesehatan masyarakat dan animo berolahraga semakin tinggi. 

"Kesan harapan untuk sehat tinggi sekali dari masyarakat. Yang penting sekali adalah kesehatan. Hal yang penting dari itu juga adalah menjaga lingkungan yang sehat dan bersih," imbuh Sukrawan. Menurut dia, untuk meningkatkan kesadaran warga atas kebersihan lingkungan harus ada kesadaran dari diri warga. "Itu bisa terjadi jika kesadaran tumbuh. Tentu ini akan menjadi inspirasi saya jika dipercaya kelak sebagai wakil gubernur. Ini konsep Tri Hita Karana," ujar dia. 

Sementara itu, soal tuntutan aktivis lingkungan yang berharap Sukrawan ikut membantu sosialisasi perang terhadap sampah plastik, ia mengaku sangat mendukungnya. "Kita harus mendukung. Gerakan mereka itu mulia. Sampah plastik saat ini masih menjadi penyakit masyaraksat kita," katanya.

Menurut dia, keberadaan sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik dapat membahayakan alam dan lingkungan sekitar. "Juga membahayakan bagi kita," tutur Sukrawan. Dengan gerakan semacam itu dari aktivis lingkungan, Sukrawan berharap penyadaran masyarakat atas bahaya sampah plastik semakin cepat tersampaikan. "Itu semua harus dilakukan dari mainset pemerintahnya dulu. Minimal masyarakat dan pemerintah sadar. Mari kita bersama-sama melakukan perang terhadap sampah plastik," ajak Sukrawan.

Menurut dia, jika dikelola dengan baik, sampah plastik dapat membawa berkah bagi masyarakat. Saat ini tinggal digalakkan pengetahuan pengelolaan sampah plastik, agar bahaya bisa berubah menjadi berkah bagi warga. 
Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Suara Marhaen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger