"Sarinah"Awal Kebudayaan Manusia - Suara Marhaen
Headlines News :
Home » , » "Sarinah"Awal Kebudayaan Manusia

"Sarinah"Awal Kebudayaan Manusia

Written By Unknown on Tuesday, June 4, 2013 | 1:08 AM

suaramarhaen.com, Blitar. Sarinah, sosok perempuan yang menjadi simbol dari perempuan Indonesia. Dia bersaudara kembar, yaitu sarinah dan sainah. Sarinah sendiri adalah pengasuh Bung Karno dan sainah adalah juru masak keluarga Bung Karno. Perempuan dan laki-laku bagai sayap burung, jika satunya tidak ada, maka burung itu tidak bisa terbang. Itu sepenggal kalimat yg tertulis di Buku Sarinah, salah satu karya bung Karno yang menceritakan tentang perempuan dan pergerakan.
Perempuan itu wadah, bisa menampung segala sesuatu. Per-empu-an, empu seorang  yang ahli. Pada dasarnya perempuan lebih cerdas dari laki-laki. "Kebudayaan lahir dr perempuan, membuat keluarga menikmati rasa "enak". Membuat bumbu. Selain itu perempuan juga melahirkan kebudayaan bercocok tanam" ujar Pak Bambang Mardiyono saat bercerita di Istana Gebang, rumah Bung Karno (4/6).
Laki-laki pergi berburu, mengumpulkan bahan makanan. Dan perempuan yang mengolahnya. Dari sanalah. Ketika kaum laki pergi berburu disana perempuan mulai menanam benih tanaman. Kebudayaan itu lahir dan berakar dari bercocok tanam atau agraris.

Lebih lanjut beliau yg akrab dipanggi Pak Gudel itu bercerita. Blitar adalah tempat yang berkharisma. Tungku, api dan abu perjuangan bangsa dan peradaban nusantara ada di Blitar. Istana Gebang adalah Tungku perjuangan, lahirnya seorang putra Bangsa yang membawa Indonesia menuju pintu gerbang kemerdekaan. Perpustakaan Bung Karno di blitar adalah api perjuangan. Disana tersimpan pemikiran-pemikiran Bung Karno untuk Bangsa Indonesia. Makam Bung Karno adalah abu dari perjuangan Indonesia. "Tak ada artinya berziarah ke makam Bung Karno jika tidak mendalami pemikirannya. Warisi apinya bukan abunya" ujar  Pak Gudel. "Sarinah, Siapa yang anti Indonesia akan hancur" tutupnya sambil berfoto bersama di ruang tamu istana Gebang.
Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Suara Marhaen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger